SELAMAT DATANG DI SITUS BLOG ANAK SMANDA Pada awalnya, Blog ini dibuat sebagai tugas dari mata pelajaran TIK dan dibuat oleh Ihsan, Rangga, Yuda,Kharisma,dan Denni. Tetapi kami akan meneruskannya tidak lagi sebagai tugas saja. Selamat membaca postingan kami!

MANFAAT PISANG

| |

Buah pisan bukan sesuatu yang aneh atau istimewa dalam keseharian kita. Buahnya yang bulat panjang serta dagingnya yang berwarna putih, memiliki citarasa yang khas. Unsur zat gula atau karbohidrat yang dikandung di dalamnya tergolong lebih tinggi dibanding buah lain dan menjadi sumber tenaga yang sangat baik bagi tubuh. Oleh karena itu, tidak salah jika kolak pisang dijadikan hidangan takjil saat kita melaksanakan puasa. Selain itu pisang juga tergolong buah-buahan yang aman dikonsumsi ketika perut kosong atau dikonsumsi oleh penderita tukak lambung.

Ada beberapa mafaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi pisang sebagai pencuci mulut, minimal 5 buah perminggu. Diantaranya, unsur asam folat alami yang dikandung pisang sangat baik untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Pisan juga mengandung kadar Fe (zat besi) yang tinggi, sehingga sangat bagus guna menunjang proses terapi bagi penderita anemia. Pisang pun sangat bermanfaat bagi penderita sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya. Penderita penyakit perut pun beupa mulas atau mencret, dapat diringankan dengan mengonsumsi pisang ambon paling tidak tiga buah per hari.

Namun, pisang tidak sebagas buahnya saja yang bisa dimanfaatkan. Daunnya selain untuk membungkus makanan, bisa dijadikan bahan resep ramuan tradisional untuk pengobatan kulit yang terbakar. Caranya, bakar daun pisang segar hingga hangus menjadi abu. Kemudian campurkan abu daun pisang tersebut dengan minyak kelapa, selanjutnya oleskan pada luka bakar yang anda derita. Efek spontan dari ramuan itu adalah bisa mendinginkan kulit yang terbakar di samping membantu proses pembentukan sel kulit baru.

Getah pisang pun merupakan obat ampuh untuk luka, terutama luka akibat golok atau benda tajam lainnya. Selain bisa menghentikan pendarahan, kulit atau daging yang kena luka pun lebih cepat rapat jika diolesi getah pisang. Dulu, ketika obat merah belum menyebar di masyarakat, getah pisang menjadi obat tindakan pertolongan pertama pada luka. Caranya, jika Anda kena gores pisau, ambil saja anak pohon pisang (pohon yang masih sangat kecil), potong dan getahnya langsung oleskan ke luka. Insya Allah, lukanya segera sembuh.

Tidak ada komentar:

Info News

Kami ada Di sini

FriendsterCode.Net, Free Friendster Code Resource, Friendster skins and Profile Customization,Create your own custom glitter text only with http://www.friendstercode.net/ - Image hosted by ImageShack.us